40 tahun Paroki Cilandak Jakarta
Bersyukur, Berbenah dan Berbagi

By team Komsos 05 Des 2017, 09:05:33 WIB Potret Gereja
40 tahun Paroki Cilandak Jakarta

Keterangan Gambar : Bersyukur, Berbenah dan Berbagi


Bersyukur, Berbenah dan Berbagi

Dalam diskusi dengan Wakil Ketua Dewan Paroki I,  Albertus Primusanto atau biasa disapa Albert,   bersama Pastor Paroki dan rekan-rekan Dewan Paroki Harian telah duduk bersama untuk berdiskusi dan merencanakan apa yang dapat dilakukan untuk paroki yang telah berusia 40 tahun ini. Sehingga muncul gagasan sederhana, namun diharapkan dapat memberi arti tidak saja bagi umat tetapi bagi masyarakat sekitar paroki. Tidak seperti perayaan ulang tahun yang biasanya dipenuhi dengan berbagai perayaan, program yang akan dilaksanakan pada lustrum VIII ini adalah berupa program 3B yaitu Bersyukur, Berbenah dan Berbagi dengan tema “Teladan iman dan kasih St. Stefanus menjadikan semangat kita semakin adil dan beradab”. Program ini tentu diharapkan melibatkan semua elemen dari kepengurusan Dewan Paroki sampai umat di Lingkungan-Lingkungan. Kira-kira apa yang dimaksud dengan 3B ini ?

Program yang pertama adalah “Bersyukur”. Program ini merupakan bentuk ungkapan rasa terima kasih kepada Tuhan yang telah mengaruniakan dan membimbing umat paroki Cilandak melalui pelindung paroki, Santo Stefanus, hingga usia 40 tahun dengan berbagai dinamika dan perkembangannya. Beberapa kegiatan yang akan dilakukan diantaranya Misa Syukur pada tanggal 15 Oktober 2017 dengan konselebrasi dari beberapa pastor yang pernah berkarya di paroki St Stefanus, doa syukur 40 tahun paroki dan menyanyikan lagu “Madah St. Stefanus” di setiap awal misa, kegiatan ramah tamah atau temu kangen, pameran foto-foto sejarah 40 tahun paroki Cilandak dan sebagainya.

Program yang kedua adalah “Berbenah”. Menurut pak Albert, menyadari bahwa usia 40 tahun adalah usia yang tidak muda lagi, perlu kiranya kita bercermin pada diri kita apakah kondisi paroki kita sudah dalam keadaan baik, mulai dari kondisi fisik bangunan, administrasi dan tata pelayanan kepada umat hingga perilaku kita sendiri di dalam lingkungan paroki maupun masyarakat. Sehingga ingin digunakan momentum perayaan 40 tahun paroki ini dengan melakukan kegiatan pembenahan ke dalam paroki dan melahirkan habitus atau kebiasaan baru yang lebih memperhatikan lingkungan hidup. Maka telah diinventarisasi kondisi bangunan gereja, pastoran hingga gedung serbaguna yang telah mengalami kerusakan, kebocoran dan lapuk karena usia. Telah dievaluasi juga kondisi taman dan pagar yang ada di sekitar gereja, hingga masalah keamanan, kenyamanan dan kebersihan di lingkungan gereja. Sehingga akan ada program penataan kembali taman, kabel-kabel listrik, sound system, CCTV, perbaikan pagar, penataan kebersihan (sampah) dan berbagai pembenahan fisik lainnya. Juga akan ada perbaikan administrasi dan tata pelayanan, misalnya berupa standarisasi prosedur dan formulir-formulir bagi pelayanan kepada umat. Juga akan ada aturan dalam berkegiatan di lingkungan gereja terkait kepedulian kita terhadap lingkungan hidup, sesuai dengan arahan Keuskupan Agung Jakarta. Serta yang tidak kalah pentingnya, dalam rangka perayaan 40 tahun ini, Dewan Paroki telah menggagas suatu rencana untuk melakukan pengembangan dan perluasan gereja untuk mengantisipasi perkembangan jumlah umat dan masalah parkir di kemudian hari. Itulah beberapa hal yang akan dilakukan dalam program “berbenah”.

Program ketiga adalah “Berbagi”, artinya adalah berbagai program atau gerakan keluar paroki yang membagikan kasih Allah (yang selama ini telah diterima umat paroki Cilandak) kepada masyarakat sekitar. Hal ini juga sejalan dengan tema gerakan pastoral evangelisasi KAJ tahun 2017 yaitu “amalkan Pancasila, makin adil - makin beradab”, yang mendorong umat se-KAJ agar semakin banyak berbuat baik dan menolong sesama agar lingkungan masyarakat menjadi semakin adil dan beradab. Berbagai program akan disiapkan panitia, berupa kegiatan dan bantuan sosial bagi masyarakat yang tinggal di sekitar gereja St. Stefanus sebagai prioritas utama. Namun diharapkan agar umat di lingkungan-lingkungan juga dapat berpartisipasi dan berinisiatif sendiri misalnya terlibat aktif dalam peringatan HUT RI ke 72, ikut ambil bagian dalam kegiatan RT/RW setempat dan membantu warga kurang mampu di sekitar rumahnya. Tentu dari kegiatan ini diharapkan tali persaudaraan kita dengan umat beriman lain dapat kembali disatukan setelah sempat terpecah-belah setelah masa pilkada DKI yang lalu.
 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Foto Wilayah - Lingkungan