Iman yang menghidupkan
Iman yang menghidupkan

By Komsos 22 Mar 2020, 01:15:05 WIB Seputar Paroki
Iman yang menghidupkan

Keterangan Gambar : Misa Wilayah V


Iman yang menghidupkan

 

“Indah rencanaMu, Tuhan.” Itulah yang diyakini dan dialami seluruh umat Wilayah V pada perayaan Natal dan Tahun Baru bersama yang diadakan pada Jumat, 17 Januari 2020. Perayaan yang diawali dengan perayaan Ekaristi, dipersembahkan oleh Pastor FX Joko Susilo, SCJ diadakan di rumah keluarga bapak Josef Wiardi, yang dimulai pada pukul 19.00 ini dan dihadiri oleh sekitar 60 orang dari 4 lingkungan yang ada di wilayahV. Perayaan Ekaristi, yang diiringi oleh koor Lux Mundi, untuk mengucapkan terima kasih atas berkat yang Tuhan berikan pada tahun yang lalu dan memasuki Tahun Baru 2020, dialami sebagai suatu pengalaman iman yang indah, dimana Allah telah merencanakan segala sesuatunya.

 

Dalam homilinya, Pastor Lilo menegaskan bahwa semua yang hadir dalam misa pada malam itu pasti pernah digendong. Dalam bacaan Injil yang dibacakan pada malam itu, ada empat orang yang mempunyai seorang teman yang lumpuh dan menggotong yang lumpuh ini. Dan ke empat orang ini menggotong temannya yang lumpuh ini, lalu Yesus melihat iman mereka dan mengatakan “dosamu Kuampuni.” Dari iman yang menggendong itu, akhirnya muncul rahmat kesembuhan. Yang bisa kita renungkan dalam perjumpaan malam itu sebagai wilayah V, iman itu membuat kita SUNGGUH hidup. Kalau hanya hidup, mungkin tak perlu iman. Mengapa sungguh hidup? Semua dari kita juga digendong waktu masih kecil, untuk menerima Baptisan. Kita tidak bisa beriman sendiri. Kita semua beriman melalui perantaraan orang lain, entah itu orang tua (waktu masih kecil) atau yang baptis dewasa (melalui keluarga/sahabat/katekis/pastor). Jadi hidup beriman, itu membuat kita sadar bahwa kita tidak bisa beriman sendiri. Kita membutuhkan orang lain dalam mengimani dan mengenal Tuhan.

 

Ketika orang mempunyai energi iman, muncul energi cinta, muncul jalan baru dalam berjumpa Yesus. Yang biasanya lewat pintu, menjadi tidak tertutup dalam berjumpa dengan Tuhan. Orang yang mengalami perjumpaan dengan kasih, Sang Cinta Sejati, didorong oleh kekuatan itu, dia akan mampu menemukan jalan-jalan baru, yang mungkin di tahun 2019 kita tidak ketemu jalan itu.

 

Maka kalau malam itu, kita mensyukuri tahun 2020 karena iman dan cinta kita sebagai umat wilayah V maka kita berharap supaya Tuhan memberikan roh kepada kita untuk mampu menemukan hal-hal baru yang bisa kita buat, jalan-jalan baru yang bisa kita lewati yang selama ini kita tidak pernah lewati.

 

Semoga kebersamaan ini karena energi cinta dan iman juga membuahkan langkah-langkah baru dalam hidup, keluarga, pekerjaan dan wilayah kita.

 

 

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

INFO

Gereja Katolik St. Stefanus Paroki Cilandak tidak memiliki account FB/Twitter (ataupun akun medsos lainnya). Gereja Katolik St. Stefanus Paroki Cilandak tidak bertanggungjawab atas postingan di akun medsos tersebut yang mengatasnamakan Paroki Stefanus Cilandak.

Foto Wilayah - Lingkungan