KESEHATAN MENTAL & EMOSIONAL REMAJA
KESEHATAN MENTAL & EMOSIONAL REMAJA

By Tim Komsos 10 Jun 2018, 13:21:11 WIB Kesehatan
KESEHATAN MENTAL & EMOSIONAL REMAJA

Keterangan Gambar : KESEHATAN MENTAL & EMOSIONAL REMAJA


Masa remaja adalah masa – masa yang penuh gejolak. Perubahan suasana hati bisa terjadi dengan begitu drastis. Penyebabnya beragam, bisa karena beban pekerjaan rumah, pekerjaan sekolah, kegiatan sehari – hari, baik dalam rumah maupun diluar rumah.

Remaja yang diarahkan menjadi pribadi yang bertanggung jawab akan tumbuh menjadi pribadi yang dewasa, bertanggung jawab, berhati – hati dan percaya diri. Ketika seorang remaja sudah memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab, maka ini menjadi dasar pembentukan jati diri mereka yang positif. Remaja akan tumbuh menjadi seseorang yang berjiwa positif, menghormati orang lain dan lingkungan sekitarnya.

Orang tua menjadi sosok pendoman yang paling baik dalam pembentukan jati diri dan karakter remaja. Orang tua dapat berperan dalam segala hal, termasuk sebagai Orang Tua, Teman, Panutan, Pendorong, Pendidik, Pengawas, Konselor dan Komunikator. Berikut penjelasan masing – masing peran orang tua dalam berbagai hal tersebut.

 

PERAN ORANG TUA

Pola asuh yang baik dari orangtua, merupakan salah satu point penting orangtua dalam menghadapi perilaku remaja. Perilaku remaja yang rentan, cenderung membahayakan diri mereka sendiri, karena pada dasarnya mereka belum begitu memahami efek jangka panjang dari perbuatan mereka. Pola asuh yang dimaksud dalam hal ini adalah dengan membekali anak tentang dasar moral dan agama serta menjalin komunikasi yang baik. Menanamkan kedisplinan juga hal yang baik untuk menghindari mereka dari bahaya.

 

PERAN SEBAGAI TEMAN

Menghadapi remaja yang telah memasuki masa akil balig, orang tua perlu lebih sabar dan mau mengerti tentang perubahan pada remaja. Perlu menciptakan dialog yang hangat dan akrab, jauh dari ketegangan atau ucapan yang disertai cercaan. Remaja hanya akan merasa aman dan terlindung, jika orang tua dapat menjadi teman yang dapat diajak bicara atau bertukar pendapat tentang kesulitan atau masalah mereka.

 

PERAN SEBAGAI PANUTAN

Orang tua perlu memberikan teladan yang baik dalam kesehariannya. Pernahkah kita mendengar istilah “Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya?.” Orang tua adalah model panutan yang paling dekat. Baik dalam menjalankan nilai agama maupun norma yang berlaku di masyarakat. Peran orang tua yang baik akan mempengaruhi kepribadian remaja.

 

Artikel lengkapnya dapat dilihat pada MEDIA PASS EDISI JUNI 2018 - 16




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Foto Wilayah - Lingkungan