Mengenal seksi Kerasulan Kitab Suci (KKS) Lebih Dekat
Mengenal seksi Kerasulan Kitab Suci (KKS) Lebih Dekat

By Tim Komsos 07 Mei 2018, 22:19:15 WIB Potret Gereja
Mengenal seksi Kerasulan Kitab Suci (KKS) Lebih Dekat

Keterangan Gambar : Ketua Sie KKS Susan J


 

Mungkin sering kali kita mendengar Kerasulan Kitab Suci (KKS) tapi tidak tahu lebih jelas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan seksi KKS. Mungkin ada bertanya, tapi bingung juga mau bertanya ke siapa.

Nah melalui Susan (Susanty Joezar) yang juga Ketua KKS Paroki Cilandak, Gereja St. Stefanus, kita akan mengenal lebih dekat, apa sih sebenarnya KKS itu. Apakah peran KKS dalam paroki atau umat ?

 

Apakah Kerasulan Kitab Suci ?

KKS adalah singkatan dari Kerasulan Kitab Suci. KKS termasuk seksi inti di setiap gereja, termasuk di Paroki Cilandak. Kerasulan Kitab Suci merupakan bentuk khusus dari kerasulan umum Gereja. Apakah Kitab Suci itu? Kitab Suci adalah Sabda Allah yang diungkapkan dalam bahasa manusia. Dalam pertemuan pendalaman KKS, kami mencoba untuk membantu memberikan penjelasan mengenai beberapa kitab atau tokoh yang dituliskan dalam Kitab Suci tersebut dengan harapan walaupun sebagai awam, kita juga bisa lebih mengerti dan dapat berbagi dan menjadi seperti rasul-rasul Tuhan Yesus, yaitu membawa dan memberitakan kabar gembira kepada keluarga dan lingkungan kita. Dari pewartaan itu, satu hal yang juga penting adalah agar kasih Allah terlihat dari kehidupan dan sikap kita sehari-hari.

 

Apa peran KKS di paroki?

Peran KKS adalah merancang kegiatan kerasulan khusus yang bertujuan membuat Sabda Allah yang tertulis dalam Kitab Suci dapat berperan dalam kehidupan semua orang beriman Kristiani,dimana agar dapat juga membantu orang untuk berjumpa dengan Allah Bapa dalam SabdaNya. Tujuan akhirnya adalah sama, yaitu supaya umat benar-benar percaya kepada Kristus dan memperoleh keselamatan.

 

Apa yang saja kegiatan KKS tahun ini?

Kerasulan Kitab Suci mempunyai beberapa aktifitas yang rutin dan tidak rutin (adhoc). Pertemuan KKS rutin diadakan seminggu sekali, setiap Selasa jam tujuh malam dengan topik yang dirancang per enam bulan. Tahun ini topik bahasan adalah Tokoh-tokoh dalam Perjanjian Lama seperti Raja Salomo, Raja Daud dan tokoh penting lainnya. Apakah peran mereka dalam perjalanan iman orang Israel? Apa yang dapat kita teladani dari perbuatan baik mereka dan kejatuhan mereka dalam dosa?

Seksi KKS juga memulai pembentukkan KeFas (Kelompok Fasilitator) KKS paroki. Dengan peserta awal sebanyak 42 orang, kami berharap semua dapat terus berkarya sebagai fasilitator yang mengikuti teladan dari Rasul Petrus. (Kefas = Petrus).

Beberapa kegiatan ad-hoc adalah: Kisah Kasih Allah, yang sedang berlangsung. Kursus ini dipaket dalam 24 kali pertemuan, dua kali dalam seminggu. Kami sangat gembira dengan sambutan umat untuk kursus ini; 92 peserta dari dalam paroki dan luar paroki. Kisah Kasih Allah (KKA) menjelaskan peristiwa-peristiwa dari kisah penciptaan sampai dibentuknya Gereja Katolik.

Seksi Kerasulan Kitab Suci Keuskupan Agung Jakarta dan semua seksi KKS paroki yang berada dalam KAJ akan merayakan puncak bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) dengan lomba Festival Kitab Suci dengan tema Bersatu dalam Terang Firman pada 29 September 2018 di Taman Mini Indonesia Indah. ELS

Artikel lengkapnya dapat dilihat pada MEDIA PASS EDISI MEI 2018 - 164




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment

Foto Wilayah - Lingkungan